Close
Panduan Memilih Ban Mobil Terbaik untuk Menghadapi Jalanan Licin di Musim Hujan

Musim hujan telah tiba, membawa perubahan pada kondisi jalanan dan potensi bahaya bagi pengendara. Jalanan yang basah akibat hujan menjadi lebih licin dan berisiko tinggi menyebabkan aquaplaning, di mana mobil kehilangan traksi dan melayang di atas air hingga tergelincir. Hal ini akan meningkatkan risiko kecelakaan, terutama bagi kendaraan yang masih menggunakan ban yang tidak sesuai untuk musim hujan.

Oleh karena itu, mengganti ban mobil yang digunakan wajib dipertimbangkan. Ini merupakan langkah penting untuk meningkatkan keselamatan saat berkendara di musim hujan. Ban mobil yang tepat dapat memberikan cengkeraman yang lebih baik di jalanan licin, meningkatkan kemampuan pengereman, dan membantu pengendara untuk mengendalikan mobil dengan lebih baik.

Lantas, seperti apakah karakter ban yang ideal untuk musim hujan? Simak penjelasannya berikut ini!

Cara Memilih Ban Mobil untuk Musim Hujan

ban musim hujan

Sebagaimana dijelaskan sebelumnya, ban mobil yang aus dan fiturnya tidak sesuai dengan kondisi jalanan basah dapat meningkatkan risiko aquaplaning, kehilangan kontrol, dan kecelakaan. Ban yang tepat, di sisi lain, dapat membantu Anda mengerem dengan aman serta menjaga traksi untuk menghindari risiko kendaraan tergelincir ketika berkendara di musim hujan.

Adapun hal-hal yang perlu diperhatikan ketika memilih ban mobil untuk musim hujan adalah sebagai berikut:

1. Sesuaikan Profil Ban dengan Rekomendasi Pabrik

Setiap kendaraan memiliki ban dengan spesifikasi profil yang berbeda. Detail informasi mengenai profil ban ini dapat Anda peroleh dari buku panduan kendaraan yang dikeluarkan oleh produsen mobil. Informasi tersebutlah yang perlu diperhatikan kesesuaiannya ketika memilih ban baru untuk kendaraan Anda. Sebagai catatan, untuk meningkatkan kestabilan kendaraan saat melintasi jalan basah, Anda bisa memilih profil yang lebih tinggi dari standar anjuran pabrik.

2. Pilih Ban dengan Medium Compound

Komponen ban, atau yang biasa disebut compound, merupakan campuran bahan yang menentukan karakteristik dan performa ban. Terdapat tiga jenis kompon utama, yaitu soft, medium, dan hard. Bagi pengendara di Indonesia, dengan dua musim yang berbeda, yaitu musim hujan dan panas, ban dengan compound medium merupakan pilihan yang tepat. Alasannya, ban medium memiliki tingkat kekerasan yang ideal, serta desain motif dan alur yang seimbang kerapatannya.

3. Pilih Ban dengan Tapak Motif Bergaris

Genangan air di jalanan menjadi hal yang tak terelakkan di musim hujan. Bagi pengendara, kondisi ini dapat membahayakan keselamatan jika tidak diantisipasi dengan tepat. Karena itu, penting untuk memilih ban mobil yang memiliki kemampuan optimal untuk membelah air dengan efektif.

Ciri utamanya adalah ban memiliki motif bergaris dan alur unidirectional pada bagian tapaknya. Lalu, ketebalan tapak minimal 1,6 mm agar daya cengkramnya optimal di jalan basah dan memiliki alur sirkumferensial yang lebar dan banyak untuk membantu mengalirkan air ke samping, meningkatkan stabilitas dan kontrol kendaraan. Keseimbangan antara area tapak dan alur ban juga juga perlu diperhatikan untuk memaksimalkan pembuangan air dan menjaga traksi.

Rekomendasi Ban Mobil untuk Musim Hujan

Lantas, di mana Anda bisa mendapatkan ban-ban berkualitas dengan karakteristik tersebut? Jawabannya adalah BanMekar, toko ban terpercaya yang menyediakan berbagai pilihan ban mobil terbaik untuk musim hujan.

Berikut rekomendasi jenis ban yang patut Anda dipertimbangkan:

1. Michelin Primacy 4

ban mobil

Michelin Primacy 4 merupakan ban performa tinggi yang unggul dalam hal keselamatan, kenyamanan, dan ketahanan yang cocok untuk tipe kendaraan city car mungil hingga mobil keluarga seperti Zenix dan Alphard. Saat ini, Michelin Primacy 4 tersedia dalam 29 variasi ukuran pada ring 15, 16, 17, 18 dan 19 inci.

Fitur utamanya yang paling menonjol adalah Michelin EverGrip Technologies yang memberikan kinerja pengeraman optimal di berbagai kondisi jalan, bahkan ketika jalanan tersebut dalam kondisi tergenang. Ini berkat tapak ban dengan pahatan yang memberikan 22 persen ruang lebih untuk mengosongkan air ketika melaju di jalanan basah, bahkan meski ban dalam kondisi aus.

Lalu, Michelin Primacy 4 juga memiliki petak sentuh yang dioptimalkan sehingga dapat menyebarkan tekanan dan panas lebih merata pada seluruh bagian ban. Dengan begitu, masa pakai ban akan lebih lama. Ban ini juga dilengkapi dengan Generation Silent Technology untuk mengurangi kebisingan ban serta meningkatkan kenyamanan berkendara.

2. Michelin Primacy SUV+

Selanjutnya, ada Michelin Primacy SUV+ yang hadir sebagai ban performa tinggi untuk kendaraan besar seperti SUV. Tersedia dalam 13 varian ukuran, mulai dari 215/65 R16 hingga 275/45 R21, ban ini siap menjaga kestabilan berkendara dalam kondisi ekstrem seperti jalanan yang basah akibat hujan deras.

Ban ini juga dilengkapi dengan teknologi Michelin EverGrip, yakni perpaduan senyawa karet inovatif dan desain pola tapak optimal ini memaksimalkan cengkeraman di jalan basah dan menstabilkan traksi di jalanan kering. Dengan begitu, Anda dapat merasakan pengalaman berkendara yang aman dan nyaman di segala cuaca.

Michelin Primacy SUV+ juga dilengkapi dengan teknologi MaxTouch Construction. Teknologi ini membuat ban dapat mendistribusikan tenaga dengan lebih merata pada kompon tapak, sehingga memperpanjang usia pakai ban. Dengan begitu, Anda tidak perlu terlalu sering mengganti ban mobil.

3. GT Radial Champiro GTX Pro

Terakhir, ada GT Radial Champiro GTX Pro yang juga ideal untuk mobil besar seperti SUV. Ban ini menawarkan performa tinggi, pengendalian yang presisi, dan keamanan optimal di jalanan basah, menjadikannya pilihan tepat untuk ban mobil Anda di musim hujan. Tingkat kebisingan ban pun rendah sehingga pengemudi tidak akan terganggu ketika sedang berkendara.

Fitur utama ban ini adalah high tensile steel belt yang lebar dan sabuk tanpa sambungan (jointless belt) sehingga dapat menciptakan kontak yang optimal pada permukaan jalan, bahkan dalam kecepatan tinggi sekalipun. Lalu, ada rib tengah yang kokoh dengan kombinasi sipe-sipe (sobekan di blok telapak ban) kecil untuk menjamin stabilitas ban serta memberi reaksi kemudi yang cepat ketika mengerem maupun berbelok tajam.

Pada permukaan ban juga ada empat alur utama yang lebar untuk menepis air dengan maksimal dan mencegah risiko kendaraan tergelincir ketika melewati jalanan yang basah ataupun tergenang air. Tidak hanya itu, daya cengkramnya didukung oleh teknologi Nano Silika sehingga dapat optimal pada berbagai kondisi permukaan jalan.

Apabila tertarik menggunakan ban GT Radial Champiro GTX Pro, ban ini tersedia dalam 38 varian ukuran dan rentang ring mulai dari 13 hingga 18 inci. Anda dapat menyesuaikan pilihan ukuran dengan profil ban ideal mobil menurut rekomendasi pabrikan.

Kesimpulan

Memilih ban mobil yang tepat untuk musim hujan adalah investasi penting untuk keselamatan Anda. Dengan mengikuti tips di atas, Anda dapat memilih ban yang akan membantu Anda tetap aman dan nyaman di jalanan licin.

Jika masih bingung, kunjungi toko BanMekar atau kunjungi website kami untuk berkonsultasi mengenai ban yang tepat untuk mobil Anda di musim hujan. Kami siap membantu Anda mendapatkan ban berkualitas tinggi dengan harga terjangkau.