Close
Michelin X MULTI Z2, Ban Truk Tangguh untuk Performa Optimal

Truk merupakan salah satu kendaraan niaga yang sangat penting dalam roda ekonomi. Kendaraan ini digunakan untuk mengangkut berbagai macam barang, baik dalam jarak dekat maupun jauh. Oleh karena itu, penting bagi para pemilik truk untuk memilih ban truk yang tepat agar performanya terjaga.

Ban truk memiliki peran penting dalam menjaga keselamatan dan kelancaran perjalanan. Ban yang tepat akan memberikan cengkeraman yang optimal di berbagai kondisi jalan, sehingga truk dapat dikendalikan dengan mudah dan aman. Selain itu, ban yang berkualitas juga akan lebih tahan lama dan tidak mudah aus, sehingga dapat menghemat biaya operasional.

Di antara berbagai pilihan ban truk di pasaran, Michelin X MULTI Z 2 hadir sebagai solusi handal bagi para pengusaha dan pengemudi. Dirancang dengan teknologi mutakhir dan material berkualitas tinggi, ban ini menawarkan berbagai keunggulan yang dapat menunjang performa dan ketahanan truk Anda. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan di bawah ini.

Ban Truk Michelin X MULTI Z2

ban truk michelin

Michelin X MULTI Z2 merupakan bukti nyata bagaimana industri ban terus berkembang untuk memenuhi tuntutan dari berbagai sektor. Dengan kombinasi teknologi canggih dan desain yang terkini, ban ini menawarkan sejumlah keunggulan menonjol, menjadikannya pilihan favorit di kalangan para pengemudi profesional.

Ban truk radial satu ini memiliki tapak yang lebih lebar dari ban truk biasa untuk memberikan pegangan lateral yang lebih baik. Lalu, ada garis gelombang ganda di blok tapak ban untuk meningkatkan kekakuan serta jarak tempuh potensial, sekaligus memastikan ban bisa tetap fleksibel untuk mencengkeram permukaan jalan dalam berbagai kondisi dan cuaca.

Lalu, ban memiliki teknologi inficoil untuk membuatnya lebih stabil dan kuat serta desain tapak “self-regenerating” yang membuat tapak baru dapat melakukan regenerasi secara otomatis. Tidak hanya itu, ada lapisan tambahan baja di tapak ban supaya teksturnya tidak bergelombang.

Karena itu ban dapat memberikan performa dan keamanan optimal di berbagai kondisi jalan, baik jalan tanah, berbatu, maupun aspal serta berbagai kondisi cuaca, baik hujan maupun panas. Ban Michelin X MULTI Z2 juga cocok untuk penggunaan di semua posisi roda, baik di roda depan, belakang, maupun trailer.

Keunggulan Ban Truk yang Perlu Diperhatikan

1. Umur Ban Lebih Panjang

michelin x multi Z2

Desain tapak “self-regenerating” pada ban Michelin X MULTI Z2 merupakan teknologi inovatif yang memungkinkan blok tapak ban untuk terus-menerus melakukan regenerasi selama pemakaian. Hal ini memungkinkan ban untuk bertahan lebih lama, tingkat ketahanannya bahkan meningkat hingga 20% dibandingkan produk generasi sebelumnya.

2. Efisiensi Bahan Bakar Tinggi

Desain “self-regenerating” juga membantu mengurangi rolling resistance, yakni hambatan yang terjadi akibat gesekan antara ban dan jalan, deformasi ban, maupun hambatan aerodinamis saat ban berputar di jalan. Efeknya, energi yang dihasilkan mesin dapat optimal digunakan untuk mendorong kendaraan ke depan. Hal inilah yang dapat mendorong penggunaan bahan bakar agar menjadi lebih efisien.

3. Keausan Ban Merata

Keunggulan berikutnya adalah kehadiran teknologi Regenion pada ban Michelin X MULTI Z2. Teknologi tersebut dapat membantu mendistribusikan tekanan ban secara merata di seluruh permukaan tapak. Dengan begitu, keausan ban yang tidak merata dapat terminimalisir. Ini juga didukung oleh desain tapak ban yang dirancang untuk memaksimalkan kontak ban dengan jalan.

4. Mobilitas Terjamin Aman

ban truk
Container truck in ship port , Ai Generated Image

Desain tapak ban memastikan mobilitasnya optimal bahkan dalam kondisi hujan. Ini berkat alur tapak yang lebar pada ban Michelin X MULTI Z2. Dengan begitu, air dapat mengalir dengan lebih cepat dan efektif sehingga cengkeraman ban di jalan basah pun meningkat.

Lalu, blok tapaknya yang kuat akan memberikan stabilitas dan handling yang optimal di jalan kering. Ini juga membuat pengemudi dapat mengendalikan kendaraan dengan baik melalui berbagai kondisi jalan.

5. Risiko Terjadinya Aquaplaning Berkurang

Karena cengkeraman ban optimal, risiko terjadinya aquaplaning pun akan berkurang. Aquaplaning merupakan fenomena ketika sebuah kendaraan kehilangan traksi dan kendali karena lapisan air yang ada di permukaan jalan. Ini terjadi ketika ban tidak dapat membuang air dengan cepat dari bawah permukaan ban saat melaju di atas lapisan air yang tipis di jalan. Akibatnya, ban kehilangan kontak dengan permukaan jalan dan mulai “tergelincir” di atas air, sehingga pengemudi kehilangan kendali atas kendaraan.

6. Ban Memiliki Kekuatan Tinggi

Ban Michelin X MULTI Z2 memiliki bead endurance yang diperkuat untuk multiple retreadability. Hal ini memungkinkan ban untuk di-retread berkali-kali tanpa mengalami kerusakan pada bead. Istilah retread merujuk pada proses mengganti tapak ban yang sudah aus dengan tapak baru.

Sementara bead adalah bagian ban yang terbuat dari kawat baja yang kuat dan terletak di bagian dalam ban. Fungsi utamanya adalah untuk mencengkeram velg dan menjaga ban tetap pada tempatnya. Lalu, bead endurance merupakan istilah untuk ketahanan bead terhadap kerusakan.

7. Jarak Tempuh Lebih Panjang

Terakhir, ban truk satu ini memiliki teknologi inficoil, lapisan tapaknya diperkuat dengan kawat baja yang saling bersambung sepanjang 400 meter di dalam lapisan casing. Dengan begitu, ketahanan ban akan meningkat dan kontak ban dengan permukaan jalan lebih optimal sehingga jarak tempuh pun semakin panjang.

Tunggu apalagi? Tingkatkan performa dan keamanan truk Anda dengan ban Michelin X MULTI Z2. Di Indonesia, ban truk ini hadir dalam ukuran 11R22,5. Itu artinya, ban memiliki lebar 11 inci dengan ring 22,5 inci. Apabila tertarik untuk menggunakannya, Anda bisa mendapatkan Michelin X MULTI Z2 di BanMekar, toko ban terlengkap dan terpercaya. Kami menyediakan berbagai jenis ban untuk semua kebutuhan Anda.